Tips lengkap Cara Merawat Baterai Laptop

pada kesempatan kali ini saya menyempatkan untuk share Tips Cara Merawat Baterai Laptop Lengkap. Hal ini sengaja saya share kepada sobat sekalian untuk berbagi ilmu dan pengalaman mengenai baterai Laptop. Pastinya buat sobat yang memiliki Laptop, baterai adalah kendala utama dari Laptop tersebut.

Tapi sebenarnya yang salah di sini bukan baterainya melainkan kita sebagai pengguna yang kurang bijak dalam memperhatikan baterai Laptop yang kita gunakan. Terkecuali jika baterai Laptop tersebut sudah berusia lama kemungkinan untuk diganti pasti ada. Nah, kalau baterainya masih baru dan sudah soak??? Maka berbagai spekulasi perlu dipertanyakan.Untuk itu dikesempatan kali ini saya sempatkan untuk share Tips Cara Merawat Baterai Laptop Lengkap, jikapun kurang lengkap saya sangat mengharapakan masukan dari sobat sekalian untuk bisa berbagi pengalaman. Baiklah, berikut ini merupakan Tips Cara Merawat Baterai Laptop Lengkap, cekidot...



1. Ketika pertama kali membeli Laptop (baterai dalam kondisi baru), charge baterai sekitar 8 - 10 jam, karena baterai yang tidak dipakai dalam waktu cukup lama sebaiknya di-charge terlebih dahulu sebelum digunakan, sehingga bisa mencapai Floating Battery.
2. Hindari melakukan sistem charge yang kurang baik yaitu Charge Discharge (CdC). Apabila baterai penuh makan adaptor dilepas dan ketika baterai mulai habis baru adaptor di pasang lagi.
3. Hindari kalibrasi (baterai kosong sampai 0%) karena nantinya akan mempengaruhi Cycle Count pada baterai.
4. Ketika menggunakan Laptop sebaiknya jika Charging Battery (baterai di charge terus, meskipun baterai sudah penuh). Karena saat ini produsen laptop dan baterai sudah membenamkan sistem Controll Baettery ke dalam baterai jika baterai sudah penuh maka proses pengisian akan dihentikan. Dan baterai dalam
keadaan penuh sedangkan charge dalam keadaan Stand Bye tetap memberikan daya langsung ke laptop, hal ini tidak perlu di khawatirkan untuk membuat baterai menjadi kembung (soak).
5. Hindari melepas baterai apabila tiba-tiba listrik padam, karena dapat mempengaruhi perangkat laptop dan mengakibatkan konsleting hardware. Karena pada baterai sudah dilengkapi sistem untuk mengatur arus listrik yang masuk sebelum ke perangkat laptop.
6. Ketika menggunakan baterai portable (tanpa aliran listrik), sebaiknya jangan memutar DVD/CD, software-software yang menguras memori dan prosesor, putar musik atau video, main game dan menggunakan Wi-Fi).
7. Pastikan suhu ruangan dalam keadaan normal (tidak terlalu panas) karena suhu yang tinggi mempengaruhi performa betarai. Suhu merupakan salah satu musuh dari baterai.
8. Lima (5) menit sebelum memakai laptop sebaiknya di charge terlebih dahulu dan lima (5) mrnit setelah Laptop digunakan (dimatikan) baru mencabut adaptornya. Hal ini untuk memberi kesempatan untuk adaptor menghasilkan daya yang stabil dan untuk Colling Down serta mengatur tegangan folating ke baterai.
9. Sebaiknya mematikan Laptop jika baterai sudah menginformasikan 20% dan terpaksa mesti digunakan, sebaiknya charge saja menggunakan adapator tanpa aliran listrik, kalau sudah tidak digunakan dan dimatikan baru mencabut adapatornya.

10. Atur kecerahan warna layar monitor untuk mengurangi penggunaan daya yang berlebihan.

11. Hindari untuk menggunakan multitasking yaitu menggunakan program secara bersamaan dalam satu waktu.

12. Hindari baterai dari air, karena di dalam air kita tidak bisa memprediksikan apa yang terkandung di dalamnya dan air biasanya menyebabkan jamur dan korosi pada komponen baterai.

13. Jika ingin menggunakan Laptop dalam jangka waktu lama sebaiknya menggunakan Colling Pad (kipas pendingin Laptop) sehingga ada sirukulasi dan bisa sedikit meredam panas dari baterai beserta perangkat Laptop. Selain itu, hindari untuk menyimpan laptop di kasur, karpet dan meja kaca karena panas yang dikeluarkan oleh Laptop tidak dapt diserap sehingga sirkulasi tidak bisa berjalan dengan baik.

Sumber : http://asis-sugianto.blogspot.com/
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar